Jasa Pembuatan Software dan Aplikasi Klinik serta Rumah Sakit (RS)

Sebuah klinik memerlukan suatu sistem terintegrasi dan aman yang dapat menyimpan informasi medis yang ada untuk digunakan kembali bagi tugas – tugas administrasi seperti penghitungan dan pengajuan tagihan, penjadwalan serta penjaminan mutu.

Untuk sistem informasinya sendiri, terdapat sistem penjadwalan pasien, rekam medis serta berbagai transaksi yang dilakukan oleh pasien. Aplikasi ini sebenarnya juga dilengkapi dengan fitur rawat inap meskipun klinik mungkin jarang menggunakannya. Jadi, kepentingan sebuah rumah sakit kecil juga sudah terwadahi pada aplikasi ini.

Fungsi Software

Software akan mencatat dan me-manage berbagai hal yang berhubungan dengan pasien. Data – data yang digunakan dalam manajemen berupa data pribadi pasian termasuk penjamin, info pribadi dan sebagainya.

Admisi pasien atau penerimaan dan pendataan pasien. Pada modul admisi, kita bisa mengatur jadwal pasien untuk masuk serta alokasi dokter atau ruangan.

Setelah proses ini, bisa diputuskan apakah pasien akan dirawat jalan, rawat inap atau dirujuk ke RS lainnya.

Untuk pilihan ruangan, pasien dapat memilih ruangan yang kosong atau bed yang kosong. Tetapi, input ruangan harus dimasukkan terlebih dahulu secara lengkap.

Rekam medis yang mencakup tindakan yang dilakukan terhadap pasien. sistem input data dibagian ini memungkinkan pasien untuk didaftarkan secara otomatis untuk berbagai tindakan dan ditambahkan kedalam rekam medisnya.

Untuk tindakan, sistem dapat mencatat tindakan apa saja yang dikerjakan dan di ruangan mana tindakan tersebut dikerjakan.

Aplikasi juga memerlukan data Dokter dan staff yang menangani pasien.

Untuk berbagai biaya, sistem akan mengambil data di database. Tetapi, kita dimungkinkan untuk menseting lebih lanjut data – data ini.

Hasil test laboratorium beserta dokumentasinya serta transaksi lain pasien termasuk di apotek.

Sistem Apotek untuk Klinik

Sistem apotek sama dengan sistem apotek yang ada. Bedanya, untuk klinik dan RS sistem apotek dibuat terintegrasi dengan sistem rekam medis pasien.

Sistem Laboratorium Kesehatan untuk Klinik dan RS

Hasil pemeriksaan laboratorium sangat penting bagi dokter. Mereka bisa mengambil keputusan klinik berdasarkan hasil test laboratorium. Dokter menggunakan hasil test ini untuk pertimbangan penggunaan obat, menentukan dosis obat yang tepat serta memantau keamanan obat ketika digunakan.

Jika data yang diperlukan tidak tersedia, maka apoteker dapat mengusulkan pemeriksaan lab terkait penggunaan obat yang tepat.

Apoteker menggunakan data hasil laboratorium untuk keperluan berikut:

  1. Menilai apakah terapi yang diberikan sudah sesuai. Apakah dosis, pemilihan dan resiko obat sesuai dsb.
  2. Mencegah atau mendeteksi efek samping obat
  3. Menilai kepatuhan penggunaan obat
  4. Supaya hasil pemeriksaan tidak diinterpretasikan secara salah

Fungsi kasir di klinik dan operasional serta fungsi lainnya

Fitur kasir akan mencatat setiap tindakan kepada pasien yang ada biayanya. Untuk pencatatan pembayaran, bisa dilakukan untuk pembayaran cash ataupun kredit. Tagihan yang ada bisa di cetak kapanpun selama data disimpan.

Berbagai laporan disediakan oleh sistem termasuk laporan keuangan dan pendapatan. Selain itu, laporan statistik klinik juga bisa dilihat seperti jumlah kunjungan atau jumlah pasien anak atau orang tua dan sebagainya.

Manajemen hutang dan piutang serta berbagai laporan lain.

Keamanan sistem

Setiap pengguna bisa dibatasi aksesnya hanya pada menu tertentu. Jadi, tidak terjadi tumpang tindih serta “penggantian” data oleh yang tidak berwenang.