Software Penjualan

Saat ini komputer and smartphone sudah sangat umum digunakan. Untuk mencatat penjualan dengan mudah, kita membutuhkan cara pencatatan yang efisien.

Untuk keperluan perdagangan, software dan aplikasi penjualan yang handal serta fleksibel sangat dibutuhkan. Kita, pada akhirnya tidak akan produktif dalam bekerja jika harus mencatat satu persatu penjualan kita.

Pada beberapa tahun yang lalu, kita mungkin menggunakan PC untuk mencatat penjualan. Software yang ada juga kita instal di PC kita. Sekarang, kita bisa mulai menggunakan tablet sebagai pengganti PC.

Software yang kita gunakan dikenal sebagai aplikasi. Ini sebenarnya hanya masalah penyebutan saja. Software PC atau aplikasi sama – sama merupakan perangkat lunak atau program yang dibuat dengan komputer.

Untuk PC, IOS dan Android, software yang digunakan berbeda versi. Programnya tentu disesuaikan dengan Operating System yang ada meskipun fungsinya bisa dibuat sama persis.

Untuk software penjualan, kami menyediakan software dengan fasilitas yang lengkap serta mudah digunakan.

Terdapat database barang dagangan, Tentunya, semua data mesti dimasukkan satu persatu terlebih dahulu untuk bisa digunakan berulang kali kemudian. Terdapat juga database suplier serta database pelanggan. Jika perusahaan Anda menjual barang yang dibeli oleh perusahaan atau klien dalam jumlah besar, database pelanggan sangat penting. Untuk toko ritel, database pelangganh mungkin kurang penting kecuali kita memiliki fasilitas untuk member.

Kemudian terdapat database sales, stok opname, serta fasilitas untuk export dan import data excel.  Aplikasi kami juga mencatat semua pembelian beserta retur pembelian. Aplikasi ini mencatat semua penjualan beserta retur penjualan serta mampu mencetak struk/nota, hutang piutang, cash flow biaya – biaya serta laporan – laporan lainnya.

Detail fitur

  • Seting harga bertingkat

Yang bagus dari software ini adalah bisa diseting untuk harga bertingkat. Anda tentunya perlu memberikan harga berbeda bagi distributor Anda serta bagi konsumen.

Software ini memberikan banyak fleksibilitas bagi penggguna, diantaranya adalah mudah mengatur ulang harga jual serta melakukan pending transaksi.

Selain itu, masih terdapat berbagai fasilitas standar yang ada pada aplikasi tersebut. Misalnya, kita bisa menambahkan operator yang diijinkan login ke system

  • Fitur keamanan operator

Disini, kita juga bisa menseting kewenangan apa saja yang bisa dilakukan sang operator tersebut. Apakah ia hanya bisa menjual saja atau bisa juga menerima retur barang. Mungkin Anda ingin supaya retur barang hanya lewat 1 pintu saja. Maka hanya 1 operator yang diijinkan untuk menerima retur pembelian dan penjualan.

  • Mengubah tanggal pembelian

Tanggal transaksi bisa diubah.

  • Cash drawer

Ini adalah fitur laci otomatis yang terbuka jika kita menyimpan transaksi kita. Kita bisa mensetting port dan escape code.

  • Pencatatan pembelian dari supplier

Pencatatan pembelian dari supplier bisa dilakukan dengan mengisi data supplier. Tanggal pembelian and nomer faktur dari supplier. Pembelian bisa kita lakukan dengan cash atauypun kartu kredit. Untuk data barang yang dibeli, bisa kita pilih dari database jika sudah ada, kita scan melalui barcode atau kita ketik manual.

  • Menghitung kenaikan harga

Apabila harga kulakan berubah, maka harga jual juga perlu dinaikkan. Disini, Anda bisa langsung menaikkan semua harga barang dengan harga baru atau mengambil nilai rata – rata dengan harga lama. Jadi, harga baru = harga lama + ( harga beli baru – harga beli lama).

  • Menu penjualan

Menu ini digunakan oleh kasir. cara kerjanya sama seperti software / aplikasi penjualan lainnya. Kita memasukkan data barang yang kita jual. Bisa dengan scan barcode, manual atau memilih database.

Kita isikan jumlah uang yang dibayar, jika pembelian tunai. Kemudian kita akan memperoleh nilai kembaliannya serta langsung bisa mencetak struk.

  • Kas

Mencatat pemasukan serta pengeluaran yang terjadi di perusahaan kita.

Setting hardware

  • Port, kartu jaringan dan drive

Kita harus menentukan port yang akan digunakan serta menggunakan kartu jaringan untuk menyambungkan antar komputer. Untuk komputer yang memuat database, kita bisa share dengan komputer lain dengan men-share drivenya.

  • Seting barcode

Barcode akan langsung bekerja jika dipasang di komputer. Kita menggunakan yang model usb.

  • Support cash drawer atau laci uang otomatis

Kita hanya perlu menentukan port yang akan digunakan oleh cash drawer serta escape code nya. Biasanya, para pembuat cash drawer sudah memberikan daftar escape code.

  • Catatan untuk database

Kita sangat perlu untuk mengkopi database jika isinya ada yang berubah. Setelah itu, database perlu kita tempatkan di drive selain drive C dan bahkan di komputer lain jika perlu.

Jika terjadi apa – apa dengan komputer utama, kita mungkin harus menginput database lagi satu -persatu jika tidak ada data backup.

Seting supaya kertas struk berhenti pada panjang kertas struk tertentu

Seting ini ada pada printernya, bukan pada software kami. Tetapi tidak masalah jika kami sampaikan.

Kita harus menseting supaya panjang kertas sesuai yang kita perlukan atau sesuai panjang struk.

Ini jika kita menggunakan printer biasa seperti Epson LX300 yang terkenal itu. Jika printer kita sudah merupakan printer POS, maka kertas akan berhenti pada panjang yang sesuai bahkan sudah langsung terpotong.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *