Jasa Pembuatan Aplikasi Apotek

jasa-pembuatan-aplikasi-apotek-1

Solusi sistem pelayanan kesehatan untuk apotek serta laboratorium kesehatan. Solusi meliputi software dan pembaca barcode.

Mengelola apotek atau klinik tanpa otomasi pada jaman sekarang jelas menyulitkan. Berapa banyak hal yang harus kita catat serta berapa lagi yang harus kita integrasikan datanya.

Untuk memudahkan Anda, kami siap membangun software dan aplikasi untuk apotek Anda.

Program / Software Untuk Apotek

Program untuk apotek sebenarnya menangani inventori dan point of sales atau sebagai kasir apotek. Program mesti memberikan fitur informasi tentang penjualan obat. Jenis obat yang dijual, pembelian, membuat retur dan stok termasuk stok opname dan posisi stok saat ini. Selain itu, aplikasi kami juga mampu menangani pembuatan berbagai laporan serta pembuatan surat pesanan.

Saat ini, kita sudah akan mengalamai kesulitan menangani sistem management apotek yang dikerjakan secara manual. Banyak hal yang menyulitkan apabila dilakukan satu persatu.

Untuk transaksi saja, kita harus menghitung harga obat secara manual dengan kalkulator. Jika apotek Anda memiliki banyak pelanggan, maka proses yang dilakukan menjadi lama.

Untuk data, kita akan perlu banyak waktu untuk mencocokan transaksi dengan barang yang ada. Kemudian, laporan juga perlu dibuat dengan menggunakan catatan secara manual. Semuanya akan memakan banyak waktu. Ini belum menghitung jika ada kehilangan data karena lupa ditatat dan semacamnya.

Kelebihan Sistem Informasi Manajemen Apotek

Software kami menangani inventori dan point of sale sebuah apotek. Kami membuat laporan berbeda namun terintegrasi untuk obat dan barang lain jika apotek Anda menjualnya. Selain itu, sistem kami bisa mencatat pembayaran tunai atau melalui kredit.

Kelebihan sistem informasi apotek kami:

  1. Pencatatan penjualan yang lebih cepat karena semua harga dihitung secara otomatis.
  2. Inventarisasi bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  3. Dokumentasi bisa dilakukan lebih cepat sehingga bisa melihat trend penjualan.
  4. Laporan terkait penjualanpun jauh lebih mudah dibuat.

Cara Penggunan Aplikasi / Software Apotek

Penggunaan software apotek secara mendasar meliputi pengisian data. Kemudian, saat terjadi transaksi maka secara otomatis akan dicatat dan bisa dibuat laporan serta statistik datanya.

Untuk keamanan data, aplikasi dan software kami bisa membatasi pengguna dengan beberapa level hak akses dan penggunaan. Kemudian, setiap pengguna juga bisa dilihat aktivitasnya sehingga memperkecil kemungkinan penyalahgunaan sistem.

Manajemen Inventori Produk

Untuk manajemen inventori produk, software kami secara otomatis mampu mencatatkannya untuk Anda.

Tetapi, sebelumnya kita perlu memasukkan data – data yang dibutuhkan.

Ada berbagai data yang diperlukan, diantaranya:

  1. Data mengenai jenis produk dan data produknya sendiri.
  2. Data tentang supplier.
  3. Data obat racikan serta obat alternatif.
  4. data tentang masa kadaluwarsa obat (expired date).
  5. Data pelanggan, dokter serta instansi asal pelanggan

Transaksi

Secara umum, ada 3 macam transaksi yang biasa berlangsung di dunia kesehatan (apotek).

  1.  Transaksi tanpa resep untuk obat – obatan bebas.
  2. Transaksi tunai untuk obat dengan resep dokter.
  3. Transaksi resep secara kredit jika pelanggan ditanggung oleh perusahaan tertentu.

Selain mengakomodasi transaksi dengan cara pembelian berbeda, software kami bisa digunakan untuk multiple entri. Artinya kita bisa membuka beberapa jendela trasnsaksi untuk beberapa pelanggan sekaligus tanpa harus berurutan.

Apabila ada pelanggan yang belum selesai membayar di kasir, tetapi membeli produk baru lagi, kita bisa melayani transaksi pelanggan lainnya. Kemudian, kita bisa kembali lagi ke transaksi awal kita untuk pelanggan pertama.

Selain itu, software ini juga memungkinkan adanya transaksi untuk beberapa jenis obat. Misal, obat dengan resep yang dibayar kredit serta transaksi untuk obat dibayar tunai tanpa resep. Semua, untuk satu pelanggan.

Untuk setiap transaksi, disediakan pilihan untuk mencetak atau tidak mencetak transaksi. Tetapi, transaksi yang sudah berlalu masih dapat dicetak kemudian jika diperlukan.

Untuk transaksi retur, terdapat fitur pembuatan surat pemesanan. Surat ini berlaku bagi transaksi penjualan maupun pembelian.

Sistem Pelaporan

Untuk sistem pelaporan, terdapat 3 jenis pelaporan:

  1. pelaporan standar
  2. Pelaporan statistik
  3. Pelaporan berbasis Dokter atau Instansi pelanggan

Pelaporan standar

Pelaporan standar berguna untuk operasional apotek harian.

Laporan yang ada pada haris besarnya menyangkut tentang berapa jumlah penjualan produk secara detail (per jenis, resep, cara pembayaran dan per hari). Penjualan untuk setiap kasir jika jumlah kasir lebih dari 1 Serta, data retur penjualan.

Selain itu, terdapat juga data jumlah obat racikan serta obat sejenis serta cara pembeliannya, tunai, kredit atau campuran.

Pembelian dan kredit pembelian yang akan dan yang jatuh tempo. Informasi jumlah produk dan perlu / tidak untuk stok ulang. Data supplier produk dan juga data retur pembelian.

Data produk kadaluwarsa serta data pelanggan beserta instansi dan dokternya.

Pelaporan komisi per Dokter dan per obat. Termasuk juga data jumlah pasien per dokter

Pelaporan Statistik

Pelaporan ini penting untuk mengamati produk yang paling laris terjual. Selain itu bisa didapatkan trend penjualan produk untuk mingguan hingga tahunan.

Pelaporan berbasis Dokter atau Instansi pelanggan

Pelaporan ini berguna untuk mengetahui nilai obat / produk yang perlu di klaim di suatu instansi milik pelanggan.

Versi Software

Ada 2 versi, versi untuk penggunaan 1 komputer (standalone) serta versi yang bisa digunakan untuk banyak komputer secara bersama – sama.

Kebutuhan Perangkat Keras

Komputer berbasis windows 98 hingga windows 8. Monitor minimal 800 X 600 pixel serta printer epson LX-300 atau dengan sambungan paralel. Bagi multi komputer, diperlukan netword card.